Tingkatkan Hemoglobin: 12 Makanan Penambah Darah Hemoglobin (Hb) dalam Tubuh Secara Alami

Tingkatkan Hemoglobin 12 Makanan Penambah Darah Hemoglobin (Hb) dalam Tubuh

Halo selamat datang kembali di Blog Info Pusat Sehat. Hemolobin atau HB punya peranan penting dalam tubuh manusia.

Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah dapat menyebabkan gangguan kesehatan.  Kadar HB atau hemoglobin darah dinyatakan rendah bila berada di bawah 14 MG PDL untuk pria dewasa dan 12 MGMP untuk wanita dewasa.

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah bisa dilakukan dengan berbagai cara, selain dengan pengobatan, makanan adalah salah satu cara paling sederhana untuk menambah kadar hemoglobin yang rendah. 

Apa saja pilihannya? Berikut Blog Info Pusat Sehat telah merangkum dari berbagai sumber 12 makanan penambah hemoglobin secara alami.

12 MAKANAN PENAMBAH HEMOGLOBIN SECARA ALAMI


#1. Daging merah
#1. Daging merah

Daging merah tanpa lemak seperti sapi, kambing atau daging unggas merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Hal itu karena dalam daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram daging merah terdapat sekitar 3 MG zat besi selain kaya akan zat besi daging merah seperti daging sapi mengandung asam folat yang turut berperan penting dalam produksi emoglobin dalam tubuh.

#2. Bayam

#2. Bayam

Makanan untuk menaikkan hemoglobin darah dengan cepat berikutnya adalah bayam. Bayam merupakan sayuran yang mengandung zat besi dan folat dalam 100 gram bayam yang sudah diolah terkandung 3 MG zat besi.

Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu menaikkan kadar hemoglobin dalam darah

#3. Seafood

#3. Seafood

Beberapa jenis seafood terutama udang, kerang, dan kepiting ternyata punya manfaat untuk membantu menambah hemoglobin darah, karena di dalam setiap 
makanan laut tersebut terdapat kandungan zat besi yang bisa menambah kadar hemoglobin di dalam darah.

Meskipun dapat menambah kadar hemoglobin jumlah seafood yang dimakan tetap harus terkontrol agar tidak berlebihan.

#4. Coklat Hitam

#4. Coklat Hitam

Makanan penambah hemoglobi selanjutnya ialah coklat hitam coklat hitam mengandung lebih dari 80% cakao yang dipercaya dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Selain itu dalam 28 gram coklat hitam tersimpan 3,5 gram zat besi serta berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan dan serat prebiotik.

#5. Buah Citrus

#5. Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk bali lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi termasuk flavonoid vitamin C sendiri akan membantu meningkatkan jumlah zat besi yang diserap oleh tubuh sehingga kadar hemoglobin akan meningkat.

#6. Tahu

#6. Tahu

Tahukah Anda jika protein nabati seperti tahu merupakan makanan yang baik untuk menambah hemoglobi dalam darah dalam.

Satu porsinya yang setara dengan 100 gram tahu terkandung 3,5 MG zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu tahu juga mengandung sejumlah mineral seperti kalsium magnesium dan selenium.

#7. Ikan Berlemak

#7. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti sarden, tuna dan salmon merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

Selain diperkaya lemak sehat ikan-ikan tersebut juga mengandung zat besi yang tinggi misalnya saja dalam 100 gram ikan tuna terkandung 2 mg zat besi sedangkan dalam 100 gram ikan sarden mengandung 1 MG zat besi.

#8. Telur Ayam

#8. Telur Ayam

Selain dikenal kaya protein dan mineral telur ayam juga merupakan sumber zat 
besi yang baik dalam satu butir telur ayam rebus terdapat 1 MG zat besi. 

Selain itu telur juga mengandung vitamin A dan protein yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

#9. Kacang-kacangan 

#9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, dan kedelai ternyata sangat bermanfaat dalam membantu menambah kadar hemoglobin dalam darah.

Kacang merah berukuran setengah cangkir rata-rata mengandung 2 mg zat besi. Selain itu dalam kacang-kacangan juga terdapat asam folat atau vitamin B9 yang mampu membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

#10. Hati Sapi

#10. Hati Sapi

Makanan selanjutnya yang dapat menambah kadar hemoglobin adalah hati sapi kaya akan zat besi yang berperan penting dalam proses produksi hemoglobin di sel darah merah.

Dalam 100 gram hati Sapi mengandung 6,5 MG zat besi zat besi dalam hati sapi merupakan zat besi hem yang diserap lebih efektif oleh tubuh.

#11. Buah Delima

#11. Buah Delima

Buah delima adalah salah satu buah penambah hemoglobin terbaik. Hal itu karena buah delima kaya akan zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

Anda bisa meminum jus buah delima atau memakannya secara langsung dengan rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

#12. Beras Coklat

#12. Beras Coklat

Beras coklat juga menjadi makanan penambah kadar hemoglobin yang baik hal ini karena beras coklat mengandung sekitar 0,5 MG zat besi dalam setiap 100 gramnya.

Selain dapat menambah kadar hemoglobin beras coklat juga dipercaya dapat mengendalikan kolesterol dalam darah.

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat menjadi obat alami penambah kadar hemoglobin dalam darah Terima kasih telah menyaksikan video ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga

1 Comments

Previous Post Next Post