Anda Kurus! Berikut 10 Makanan Penambah Berat Badan Ideal yang Perlu Di Konsumsi

Anda Kurus! Berikut 10 Makanan Penambah Berat Badan Ideal yang Perlu Di Konsumsi

Halo selamat datang kembali di Blog Info Pusat Sehat. Banyak yang menganggap bahwa kelebihan berat badan akan membahayakan kesehatan, Namun resiko kesehatan juga rentan dialami oleh orang dengan berat badan di bawah ideal atau UnderWeight.

Bagi sebagian orang menambah berat badan sama sulitnya dengan hal menurunkan berat badan, jika berbagai cara sudah dicoba tapi belum juga berhasil mungkin Anda harus memilih dengan tepat makanan penambah berat badan yang akan anda konsumsi.

Lantas apa saja makanan untuk menambah berat badan? Berikut Info Pusat Sehat telah merangkum dari berbagai sumber "10 Makanan Penambah Berat Badan".

#1. Buah Alpukat

Makanan pertama yang dapat membantu anda untuk menambah berat badan adalah alpukat. Alpukat tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dan kalori yang penting untuk menambah berat badan.

1 buah alpukat mengandung sekitar 200 kalori. Alpukat juga tinggi serat kalium dan vitamin K yang mampu membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi.

#2.  Daging Merah

Daging merah dianggap sebagai makanan penambah berat badan yang ideal, karena dalam daging merah mengandung lisin yang dapat menstimulasi pembentukkan protein otot dan menambah jaringan otot yang baru.

Selain itu daging merah juga tinggi akan kalori yaitu sebesar 456 kalori dan 49 gram protein. Anda dapat memilih potongan daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak untuk mengurangi resiko Anda terkena penyakit akibat lemak berlebih.

#3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak sehat sehingga jika dikonsumsi secara teratur akan membantu menaikkan berat badan. Salah satunya adalah kacang almond, ada banyak gizi yang terkandung dalam kacang tersebut seperti protein, lemak tak jenuh, dan serat.

Dalam satu genggam kecil almond mentah mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat.

Selain kacang almond, juga terdapat pada kacang kenari, atau kacang mete mengandung lemak sehat, protein, dan serat yang bisa membantu menambah berat badan. Makanan ringan yang mengandung kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menambah kalori.

Untuk lebih meningkatkan kalori Anda bisa mencampurkan kacang-kacangan dengan makanan lain seperti yoghurt dan smoothie.

#4. Nasi Putih

Makanan untuk menambah berat badan yang paling mudah ditemui adalah nasi. Pasalnya nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik yang bisa anda dapatkan.

Dalam satu porsi nasi putih kurang lebih terkandung 200 kalori. Makan nasi putih ditambah dengan lauk pauk lainnya akan semakin menambah asup karbohidrat ke dalam tubuh sehingga proses penambahan berat badan dapat berlangsung dengan cepat.

#5. Pasta

Makanan yang dapat menambah berat badan lainnya adalah pasta. Kandungan karbohidratnya yang tinggi dapat membantu anda untuk menambah berat badan. Pasta dapat dikonsumsi sebagai pilihan jika anda tidak ingin makan nasi.

Anda bisa mencampurkan pasta dengan sayuran, keju atau makanan yang mengandung protein untuk meningkatkan nutrisi harian

#6. Kentang

Kentang termasuk makanan yang efektif untuk menambah berat badan. Kandungan Pati pada kentang dapat membantu anda untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan otot serta menambah berat badan secara alami dan sehat. Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan gula yang rendah.

Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu menambah berat badan dengan cara yang sehat. Anda bisa mengonsumsi kentang sebagai puree, sup, atau panggang untuk menambah kalori dalam makanan Anda.

#7. Susu

Susu termasuk minuman yang dapat membantu menaikkan berat badan secara alami, jika rutin dikonsumsi susu dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat lemak dan protein harian yang dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan. Minuman ini juga mengandung sumber kalsium dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Susu atau produk olahan susu seperti yoghurt atau kefir mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan karbohidrat, sehingga bisa membantu menambah berat badan. Anda bisa mengonsumsi susu atau produk olahan susu sebagai minuman, smoothie, atau tambahan dalam makanan Anda.

#8. Telur 

Telur merupakan makanan paling sehat yang dapat menambah berat badan dan massa otot. Kuning telur adalah salah satu sumber protein dan lemak terbaik untuk membantu anda dalam menambah berat badan.

Telur juga mengandung lemak sehat. Anda bisa mengonsumsi telur dalam bentuk telur dadar, omelet, atau rebus untuk menambah kalori dan protein dalam makanan Anda.

Akan tetapi anda tetap disarankan untuk mengonsumsi telur secara utuh agar bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang dimilikinya.

#9. Ikan Salmon

Makanan yang bisa menaikkan berat badan selanjutnya dapat diperoleh dari ikan salmon. Sama halnya seperti daging mentah, ikan salmon mengandung kalori protein dan lemak salmon dengan berat 200 gram mengandung sekitar 250 kalori. Ikan ini juga mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk tubuh.

#10 Keju

Keju adalah sumber lemak dan protein tinggi yang bisa membantu menambah berat badan. Anda bisa mengonsumsi keju dalam bentuk potongan atau menggunakannya sebagai bahan dalam hidangan seperti pizza atau pasta.

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat membantu anda dalam menambah berat badan. Setelah mengetahui ragam makanan penambah berat badan tersebut anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk memasukkannya ke dalam menu harian Anda.

Selain itu tetaplah berolahraga secara rutin agar kenaikan berat badan bisa tetap ideal . TYerima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post